Selera Musik Presiden Amerika, Barack Obama Suka Lagu U2 hingga Kendrick Lamar

Minggu, 21 Juli 2024 - 07:31 WIB
loading...
Selera Musik Presiden...
Hampir semua orang suka musik, termasuk presiden sekalipun. Lalu, musik seperti apa yang disukai Presiden Amerika? Foto/ getty
A A A
JAKARTA – Siapa yang tidak suka musik? Nampaknya hampir semua orang menikmatinya, termasuk seorang presiden sekalipun. Lalu, musik seperti apa yang disukai Presiden Amerika?

Banyak yang penasaran selera musik Presiden Amerika. Musik apa yang mereka dengarkan? Anda pun bisa mengetahuinya di sini.


Selera Musik Presiden Amerika

1. Herbert Hoover

Tidak banyak yang tahu selera musik Presiden Hoover, tapi yang dia adalah presiden pertama yang mengundang artis untuk bermain di hadapan kepala negara yang sedang berkunjung ke Gedung Putih.

Artis yang dimaksud adalah pemain harpa Mildred Dilling, yang diundang Herbert dan Lou Hoover untuk tampil di depan Raja Phra Pok Klao Prajadhipok dari Siam (sekarang Thailand) pada 1931. Agaknya, Hoover cukup menyukai musik Dilling sehingga mengundangnya bermain di Gedung Putih.

2. Franklin D.Roosevelt

Franklin D.Roosevelt (FDR) adalah anggota Glee Club Harvard dan lagu favoritnya adalah 'Home on the Range.'

Musik memiliki tempat khusus di hati FDR dan dia berkontribusi pada musik Amerika ketika meluncurkan Federal Music Project. Proyek pemerintah mempekerjakan musisi, komposer dan konduktor untuk bermain konser dan belajar musik selama Great Depression.

3. John F.Kennedy

John F.Kennedy (JFK) memiliki banyak artis yang bermain di Gedung Putih selama masa kepresidenannya. Ia juga memiliki beberapa pendukung musik. Frank Sinatra, misalnya, yang mendukung Kennedy di Pemilu pada 1960 dengan lagu 'High Hopes'.


Beberapa lagu favorit JFK, seperti 'Mack the Knife' dari The Threepenny Opera, 'The Twist' oleh Chubby Checker, dan 'September Song' dari Knickerbocker Holiday. Presiden juga menyukai musik jazz.

4. Ronald Reagan

Ronald Reagan mencoba menggunakan 'Born in the U.S.A' karya Bruce Springsteen selama kampanye pemilihannya kembali sebagai presiden.

The Beach Boys tampil di pesta pengukuhan kedua Ronald Reagan dan selama bertahun-tahun presiden mengundang banyak artis untuk tampil di Gedung Putih.

5. George H.W. Bush

George Herbert Walker Bush adalah penggemar musik country. Bahkan, presiden menghadiri Country Music Awards pada 1991.

“Musik country memberi kita jendela ke dunia nyata dan ketika saya ingin merasakan gelombang patriotisme tertentu atau bernostalgia atau bahkan ketika saya memerlukan sedikit nasihat gratis tentang Saddam Hussein, saya beralih ke musik country,” kata Bush dalam pidatonya.

6. Bill Clinton

Bill Clinton memenangkan banyak poin keren dengan fakta bahwa dia bisa bermain saksofon. Dia pernah membagikan daftar 20 lagu favoritnya, seperti 'I Wish I Knew How It Feel to Be Free' oleh Nina Simone dan 'Winds of the Old Days' oleh Joan Baez.

Artis lain dalam playlist Bill Clinton, termasuk Elton John, Van Morrison, Simon & Garfunkel, dan Carly Simon. Dan, tentu saja, sebagai penggemar jazz, Clinton menambahkan artis, seperti Miles Davis dan John Coltrane ke dalam playlistnya.

7. George W.Bush

Pada 2005, The New York Times mencantumkan beberapa lagu di iPod presiden. Di antaranya adalah lagu-lagu yang dipopulerkan Alan Jackson, Kenny Chesney, Van Morrison dan John Fogerty.

Bush juga suka mendengarkan lagu, seperti 'My Sharona' oleh The Knack, 'Circle Back' oleh John Hiatt,' dan '(You're So Square) Baby, I Don't Care' oleh Joni Mitchell.

8. Barack Obama

Barack Obama adalah presiden pertama yang menyusun playlist Gedung Putih di Spotify. Misalnya, playlist dari 2017 menampilkan artis, seperti U2, Kendrick Lamar, SZA, The National, Harry Styles dan Bruce Springsteen. Pada 2022, Obama memasukkan artis, seperti Lizzo, RosalĂ­a, Ari Lennox, Ethel Cain, Steve Lacy, dan Omar Apollo ke dalam playlistnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)